Zone of Proximal Development (ZPD)
Menurut
konsep ZPD, perkembangan psikologi bergantung pada kekuatan sosial luar
sekaligus pada kekuatan batin (inner resources). Asumsi dasar konsep ini adalah
bahwa perkembangan psikologis dan pembelajaran tertanam secara sosial, dan
untuk memahaminya kita harus menganalisis masyarakat sekitar dan
hubungan-hubungan sosialnya. Vygotsky menyatakan bahwa anak mampu meniru
tindakan yang melampaui kapasitasnya, namun hanya dalam batas-batas tertentu.
Ketika seorang meniru, anak sanggup melakukan secara lebih baik bila dibimbing
oleh orang dewasa daripada dilakukan sendiri. Vygotsky mendefinisikan ZPD
sebagai jarak antara “tingkat perkembangan aktual anak sebagaimana ditentukan
oleh kemampuan memecahkan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan
potensial sebagaimana ditentukan oleh pemecahan masalah dibawah bimbingan orang
dewasa atau kerja sama dengan sebaya yang lebih mampu”. Oleh karena itu, ZPD
merupakan perangkat analitik yang diperlukan untuk merencanakan pembelajaran
dan pembelajaran yang berhasil harus menciptakan ZPD yang merangsang
serangkaian proses perkembangan batiniah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar